TEMPAT BERKOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN SYSTEM YANG BAIK DAN BENAR, MUDAH DAN GAMPANG DIGUNAKAN SERTA BERMANFAAT BAGI PEGUNANYA

Minggu, 09 Juni 2013

Laporan

Laporan mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi.
Pengertian laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang suatu kegiatan, pada dasarnya fakta yang disajikan itu berkenaan dengan tanggung jawab. Fakta yang disajikan merupakan bahan atau keterangan berdasarkan keadaan objektif.Begitu juga dalam hal Sistim Informasi Managemen Perkebunan ini juga terdiri dari Data Entri – Proses dan Laporan.
Untuk jenis Laporan pada Sistim ini terdiri dari :
1. Laporan Penerimaan
2. Laporan Pengeluaran
3. Laporan Summary
4. Laporan Detail

Laporan Penerimaan.
Merupakan bentuk informasi mengenai Penerimaan barang yang sudah diterima. Informasi yang ditampilkan terdiri dari Nama Barang yang diterima, kuantiti barang, asal barang yang diterima, Harga dan Total dari Penerimaan, seperti terlihat pada gambar berikut ini.
Laporan Pengeluaran
Untuk mendapatkan laporan pengeluaran harus dilakukan Proses terlebih dahulu untuk mengupdate harga rata-rata pada sistem. Bila pada laporan ini tidak keluar harga itu disebabkan belum dilakukan Proses, atau Proses yang dilakukan tidak sempurna.Contoh laporan pengeluaran barang seperti berikut :
Laporan RAB - Realisasi

Laporan ini memberikan informasi mengenai Realisasi pemakaian barang berbanding RAB pada bulan berjalan, bulan lalu dan sampai dengan bulan berjalan.
Untuk mendapatkan laporan ini dapat dilakukan dengan memilih Elemen LAPORAN à Klik pada SubMenu RAB – Realisasi,
setelah muncul kotak dialog ada pilihan Printer dan Excel, pilih Printer untuk mencetak dilayar berbentuk pdf file atau langsung ke Printer. Setelah dipilih maka akan muncul kotak dialog Printer lalu pilih PREFERENCE, pada Paper Size pilih ukuran kertas US Std Fanfold dan pada Orientation pilih Landscape selanjutny diakhir dengan klik tombol OK, maka akan muncul laporan seperti gambar di atas.

Laporan Summary

Laporan ini menunjukkan kondisi stock, mulai dari Saldo Awal, Penerimaan, Pengeluaran dan Saldo Akhir. 
Untuk mencetak laporan ini sama dengan halnya mencetak Laporan RAB – Realisasi. 
Bila dilihat dari laporan yang ada, maka laporan ini sudah tergolong berdasarkan kelompoknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar