TEMPAT BERKOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN SYSTEM YANG BAIK DAN BENAR, MUDAH DAN GAMPANG DIGUNAKAN SERTA BERMANFAAT BAGI PEGUNANYA

Minggu, 09 Juni 2013

Elemen Penerimaan

Elemen penerimaan berfungsi untuk mencatat data penerimaan dari pembelian yang sudah terjadi. Pada elemen pembelian terdapat 2 sub menu yaitu :
  • Entri, difungsikan untuk mencatat data penerimaan
  • Edit, difungsikan untuk menyempurnakan data yang dientri dan disimpan sebelum dilakukan posting data.
Kotak dialog Entri dapat dilihat pada gambar berikut :

Kotak Dialog Header Penerimaan
Kotak Dialog Detail Penerimaan


Kotak Dialog Header Entri Penerimaan.Berisikan data entrian asal dan waktu penerimaan.

Pada kotak dialog ini terdiri dari 7 isian data dan 2 Tombol yaitu :Kode, dipilih berdasarkan asal penerimaan. Kandir adalah penerimaan dari Kantor Pusat Medan, Lokal adalah penerimaan dari pembelian sendiri (lokal) dan TS adalah penerimaan dari Kebun dalam 1 group (wajib dipilih).
Nomor SP, diisi sesuai Nomor Surat Pengantar (wajib diisi).
Nomor SPK, diisi sesuai Nomor Surat Penunjukan Kerja dari Kantor Pusat Medan atau juga bisa diisi berdasarkan No. PO (Lokal), (boleh diisi, boleh tidak).
Hari, dipilih berdasarkan hari penerimaan barang (wajib diisi)
Tanggal, diisi sesuai tanggal hari penerimaan barang, harus berhati-hati, karena tanggal tidak otomatis harus diisi manual dan tanggal ini menentukan transaksi tersebut masuk ke dalam laporan bulan sesuai tanggal dientri. Contoh 01/06/2013, maka entrian ini akan masuk ke dalam laporan penerimaan di bulan Juni (wajib diisi).
Kode Suplier, diisi berdasarkan kode suplier asal barang diterima. Untuk mencari kode suplier dapat dilakukan dengan menekan tombol “ .. “. (wajib diisi)
Keterangan, diisi sesuai keterangan yang diinginkan (boleh diisi, boleh tidak).

Dua Tombol terdiri dari
1. Lanjut, akan menampilkan kotak dialog Detail Penerimaan.
2. Batal, tidak melanjutkan entrian data.

Kotak Dialog Detail Entri Penerimaan.
Berisikan data entrian jenis barang dan Qty penerimaan.
Pada kotak dialog ini terdiri dari 4 isian data dan 5 Tombol yaitu :
Kode barang, dipilih berdasarkan barang yang diterima. Untuk mencari kode barang dapat dilakukan dengan menekan tombol “..” lalu ketik nama barang yg akan dicari (wajib diisi).
Qty, diisi sesuai kuantiti penerimaan (wajib diisi).
Harga Satuan, diisi sensuai harga satuan dari barang yang diterima (wajib diisi).
Spesifikasi, diisi berdasarkan spesifikasi barang yang diterima (boleh diisi, boleh tidak)

Lima Tombol terdiri dari (3 Tombol besar, 2 Tombol Kecil)
3 (tiga) Tombol Besar yaitu
1. BATAL, membatalkan seluruh entrian tetapi entrian harus sempurna.
2. SIMPAN, menyimpan data dan dapat diedit dari submenu EDIT.
3. POSTING, menyimpan data dan tidak dapat diedit lagi.

2 Tombol Kecil yaitu
1. Batal, membatalkan entrian 1 baris dimana kursor berada (belum dilakukan panah bawah atau panah atas).
2. Hapus, menghapus entrian 1 baris dimana kursor berada (sudah dilakukan panah bawah atau panah atas).


Kotak dialog Edit
Sama seperti kotak dialog Entri, kotak dialog Edit juga memiliki Header dan Detail.
Dimana header menunjukkan data asal penerimaan dan tanggal diterima beserta Nomor SP dan Nomor SPK sedangkan Detail menunjukkan barang dan qty yang diterima.

Dapat dilihat pada gambar berikut :

Kotak Dialog Header Edit Penerimaan

Kotak Dialog Detail Edit Penerimaan

Pada kotak dialog Header Edit Penerimaan terdiri dari 3 Tombol Besar yaitu :
1. Lanjut, bila diklik akan menampilkan kotak dialog Detail Edit Penerimaan.
2. Batal, membatalkan perubahan.
3. Edit, akan melakukan perubahan/mengedit data seperti hari, tanggal, nomor SP, nomor SPK dan Keterangan.

Dari Flow Proces Penerimaan Barang, jelas terlihat database yang sudah terposting yang akan masuk ke dalam Laporan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar